Ulangan TIK Mohamad Warista Sukmaputra
1. 1 Di dunia yang saat ini memasuki era Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0, Informatika merupakan salah satu disiplin ilmu yang wajib dikuasai oleh setiap orang, dan aspek praktisnya sudah diperlukan sejak usia dini. Akibatnya, di banyak negara, informatika mulai diajarkan sejak usia lebih dini, khususnya untuk membentuk pola pikir yang disebut berpikir komputasional (computational thinking), yang merupakan salah satu literasi baru, sejalan dengan literasi digital. Kurikulum Informatika terdiri atas 8 elemen. Sebutkan kedelapan berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktika Lintas Bidang (PLB).
2. 2 Aktivitas pembelajaran yang
dilakukan pada kelas VIII polanya sama dengan kelas VII, yaitu ada aktivitas
individu dan berkelompok. Aktivitas juga dapat dilaksanakan secara plugged
(membutuhkan komputer) dan/atau unplugged (tidak membutuhkan
komputer). Dengan adanya aktivitas-aktivitas unplugged, pembelajaran
informatika tidak terpaku atau bergantung pada perangkat elektronik semata. Apakah
siswa atau peserta didik dapat memahami konsep dan implementasi informatika
dengan lebih baik dan bermakna dengan tidak menggunakan computer? Jelaskan
pendapat kamu dalam bentuk kalimat.
Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. Oleh karena itu, sistem mempunyai 3 ciri yaitu memiliki tujuan tertentu, memiliki fungsi tertentu, ditunjang oleh berbagai komponen. Untuk mencapai tujuan dari sistem, setiap sistem pasti memiliki fungsi tertentu. Untuk melaksanakan fungsinya, setiap sistem pasti memiliki komponen
3. 3
Informatika adalah sebuah
disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita,
baik natural (dunia dan alam sekitar kita) maupun artifisial (dunia maya, atau
dunia digital yang diciptakan manusia). Informatika juga berkaitan dengan
studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, serta pemahaman
terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan yang didasari pada pemahaman dunia
nyata dan dunia artifisial tersebut. Ilmu informatika tidak eksklusif, tetapi
banyak bersinggungan dengan bidang ilmu lain karena luasnya kemungkinan
eksplorasi masalah yang akan diselesaikan. Sebutkan 6 prinsip yang perlu
dipahami oleh siswa atau peserta didik dalam mempelajari Informatika!
A.Informatika didasari berpikir komputasional (computational thinking) sebagai landasan berpikir. Berpikir merupakan elemen paling penting dalam belajar
1.Informatika bukan hanya memakai komputer, tetapi juga memakai aplikasi. Informatika adalah salah satu cabang ilmu seperti halnya matematika, biologi, dan ekonomi.
2.Informatika terdiri atas konsep dan praktik, dikemas dalam aktivitas pembelajaran yang diharapkan akan menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna, dan berkesan.
3.Informatika hanya bisa dipelajari oleh dengan IQ yang tinggi
B.4.belajar mengetik dan membuat power point
5.Mengenali perangkat komputer baik hardware dan software
6.browsing internet dengan berbagai cara
4. 4
Ternyata, belajar
Informatika tidak selalu harus menggunakan komputer! Justru dengan memerankan
diri sebagai komputer atau robot, kita mengalami dan memahami fungsi sistem
komputasi. Nah mempelajari Informatika ternyata bukan hanya hal praktis
menggunakan komputer. Namun, kalian perlu bermain, mengalami, berpikir,
melakukan refleksi, merenung tentang aspek keilmuan yang melatarbelakangi
komputer. Coba kalian tuliskan belajar informatika tanpa menggunakan
computer dan internet!
eteknik Informatika merupakan salah satu jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer. Dalam kata lain, bidang studi ini akan melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika
5. 5 Semua pelajaran dalam
kurikulum Indonesia ditujukan untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila. Apa
definisi Profil Pelajar Pancasila? Rumusan Profil Pelajar Pancasila adalah
“Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi
global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.” Pernyataan ini memuat
tiga kata kunci: pelajar sepanjang hayat, kompetensi global, dan pengamalan
nilai-nilai Pancasila. Profil tersebut dinyatakan dalam enam dimensi, Sebutkan
keenam dimensi tersebut!
i beriman dan bertaqwa kepada YME dan berakhlaq mulia, mandiri, gotong royong, berkebhinnekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.
6. 6 Selain mempermudah
kehidupan sehari-hari, Informatika akan membantu kalian untuk menyiapkan diri
sebagai warga dunia digital, yaitu dunia maya melalui internet. Di dunia
digital, warga digital juga perlu cara komunikasi, sopan santun dan etika,
serta membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang menumbuhkan karakter warga
digital yang baik pula. Karena kehidupan dunia digital seiring dan sejalan
dengan dunia nyata, kalian harus berkarakter baik di dunia nyata maupun dunia
digital. Bagi pelajar Indonesia, karakter yang baik ini dirumuskan sebagai
Profil Pelajar Pancasila. Apakah selama ini kamu sudah menjalankan kegiatan
sehari-hari dengan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila? Tuliskan jawabanmu
dalam bentuk kalimat dan jelaskan apa saja yang sudah kamu lakukan dalam
kegiatan sehari-hari!
memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari dalam lima elemen kunci
7. 7 Saat membahas materi tentang berpikir komputasional (BK), analisis data (AD), alogitma dan pemrograman (AP), dan dampak sosial informatika (DSI), kalian akan mengasah kemampuan bernalar kritis dan kreatif. Dalam proses belajar berbagai materi dalam Informatika, kalian belajar untuk mandiri saat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Kalian juga akan mengembangkan kemampuan bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif saat berdiskusi dan berkreasi menyelesaikan atau membuat proyek secara berkolaborasi dalam kelompok. Proyek apa yang sudah kalian kerjakan dari guru secara berkelompok? tugas tugas kerja kelompok
8. 8 Apakah kalian telah menerapkan berpikir komputasional (BK) untuk menyelesaikan persoalan persoalan sehari-hari? Tuliskan dalam bentuk kalimat dan berikan contoh-contohnya!
Berpikir komputasional sendiri bisa diartikan sebagai metode pemecahan yang melibatkan pengungkapan masalah dan solusinya dengan cara yang dapat dijalankan pada komputer. Dan ini bukan hanya dilakukan dalam pemprograman saja. Bahkan, di negara maju ini banyak diaplikasikan pada kurikulum dasar, sehingga anak memiliki kemampuan analisis yang baik.
9. 9 Siswa mampu mengaplikasikan
berbagai aplikasi perkantoran untuk menyelesaikan masalah yang melibatkan lebih
dari satu aplikasi perkantoran. Tuliskan lebih dari tiga aplikasi
perkantoran yang sudah kamu kuasai!
- Microsoft Excel. ...
- Microsoft Power Point. ...
- Office Suite dan PDF Edito
10. 10 Hasil belajar Informatika perlu dimunculkan menjadi computational artefact (artefak komputasional), hasil karya nyata, berupa ungkapan lisan, laporan, program komputer atau lainnya. Sebuah hasil karya nyata yang dibuat dengan komputer, bukan merupakan sebuah artefak komputasional jika tidak dihasilkan melalui proses berpikir komputasional. Misalnya, sebuah lembar kerja yang dihasilkan dari aplikasi hanya dengan menyalin saja, tidak dapat disebut sebagai artefak komputasional. Sebuah lembar kerja yang dihasilkan dari proses analisis, merancang, mempertimbangkan kebenaran dan efisiensi serta daya gunanya, akan mempunyai muatan sebagai artefak komputasional. Ini sama halnya dengan makna sebuah patung atau karya seni yang hanya merupakan replika dibandingkan dengan patung atau karya seni asli karya seniman perancangnya. Oleh sebab itu, kalian perlu berusaha mandiri untuk mengasah berpikir kritis dan kreatif dalam mengerjakan tugas-tugas. Informatika akan mengasah kemampuan kalian dalam berkarya yang bermakna dan berkualitas. Dari pertemuan pertama hingga pertemuan keenam, tugas-tugas apa saja yang sudah kalian kerjakan di blog? Tuliskan alamat blog kamu!
waristasukma@gmail.com
11. 11 Dalam proses belajar, tentunya kalian akan diminta mengerjakan
soalsoal, membuat artefak komputasional, membuat program, atau karya-karya
lainnya. Guru akan menilai jawaban dan hasil karya kalian. Sebagai contoh,
sebuah laporan, infografis atau poster akan dinilai baik, bukan hanya dari
tampilannya, tetapi juga dari makna, kebenaran, dan akurasi isinya. Konten yang
salah dan tersebar, dapat membentuk pengetahuan yang salah buat banyak orang.
Ini ibarat menebar virus jahat yang merusak kehidupan. Konten yang tidak
presisi atau tidak akurat, akan berpotensi menimbulkan interpretasi yang salah
dan membuat orang lain bertindak salah. Selain konten, sajian juga penting
karena di zaman sekarang, orang tidak hanya peduli ke isi, tetapi juga kepada
“kemasan”, keindahan kemasan. Format tampilan bukan hanya akan menarik minat pembaca,
tetapi juga dapat memperjelas, mempermudah pemahaman dan memperkuat isinya.
Proses kalian menghasilkan karya sehingga lebih efisien dan dapat diselesaikan
tepat waktu, membutuhkan pemikiran sebelum bekerja. Buatlah sebuat cover
buku bagian depan dan belakang yang berjudul Belajar Informatika di Kelas 8!
Buatlah dengan aplikasi Canva atau aplikasi lainnya yang sudah kamu kuasai!
- Canva. Aplikasi Canva - Apple App Store. ...
- 3. Logo Maker Plus. Aplikasi Logo Maker Plus - Google Play Store. ...
- 4. Logo Generator & Logo Maker. ...
- Pembuat Logo. ...
- 7. Logo Maker - A Design Creator. ...
- 8. DesignEvo - Logo Maker. ...
- 9. Logo Maker: Design Creator. ...
- 10. Logo Maker - Logo Design Shop.
12. 12 Setelah mempelajari setiap elemen Informatika di kelas VII,
apakah kalian dapat membuat peta pikiran atau peta konsep yang mengoneksikan
elemen-elemen tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? Kalau dapat, silahkan
dibuatkan peta konsepnya dari sudut pandangmu sendiri!
Cara Membuat Peta Konsep yang Menarik dan Kreatif dan Contohnya
Peta konsep merupakan bagan atau ilustrasi yang menyajikan informasi yang saling terhubung.
Kita bisa menggunakan peta konsep untuk mempelajari kembali materi pelajaran yang sudah disampaikan bapak atau ibu guru, atau materi yang kita lihat dari program Belajar dari Rumah di TVRI.
Bobo punya beberapa tips cara membuat konsep yang menarik dan kreatif
13.13 Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling
berkesan dari 8 elemen informatika? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas dan
kalimat yang jelas!.
BK
B
14. 14. Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh pengalaman
sehari-sehari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik
dari informatika yang sudah dipelajari di kelas VII? Elemen apa yang menurut
kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting?
orang
15. 15 Salah satu aspek penting informatika adalah mengorganisasi data agar menjadi informasi yang berguna. Hal ini akan kalian praktikkan, dengan mengorganisasi dan menyimpan data tentang kegiatan belajar sepanjang tahun, melalui jurnal kegiatan. Jurnal kegiatan akan dikumpulkan secara teratur dan konsisten sepanjang tahun, membentuk Buku Kegiatan Peserta Didik. Jadikanlah Buku Kegiatan Peserta Didik sebagai album kenangan yang merekam semua pengalaman kalian belajar Informatika!
16.16 Ibunda atau ibu kalian memberi uang Rp. 100.000 (serratus
ribu rupiah) untuk membeli gula pasir. Kalian pergi ke warung membawa uang dan
kalian kembali membawa gula (dan uang kembalian, jika Bunda memberi uang
melebihi harga gula). Karena kalian sudah SMP dan sudah “teruji” pergi ke
warung untuk membeli gula pasir yang diminta Bunda, Bunda tidak perlu merinci kepergian
kalian ke warung. Hal yang penting, kalian berangkat dengan membawa uang dan
kembali dengan membawa gula pasir sesuai pesan Bunda, serta uang kembalian jika
memang bersisa. Contoh yang terakhir ini lebih dekat dengan konsep algoritma,
dimana Bunda memberi kalian instruksi untuk membeli gula, dan karena kalian
memahami instruksinya, kalian dapat melakukannya, yaitu “menukar” uang dengan
gula pasir. Jika harga gula sebungkus Rp. 30.000, berapa bungkus gula kalian
dapatkan? Apakah masih ada uang tersisa yang kalian kembalikan kepada Ibunda
atau Ibu?
3 gula
sisanya 10k
17. 17Bobo sedang bermain ke sebuah pabrik pembuat kue. Di pabrik
tersebut, terdapat mesin yang dapat membentuk adonan kue menjadi bentuk-bentuk
tertentu. Mesin tersebut memiliki tiga pintu masuk yang pada gambar ditandai
dengan angka 1, 2, dan 3. Adonan kue akan dimasukkan ke dalam mesin melalui
pintu masuk tersebut, mengalir di sepanjang jalur yang akan membawanya ke pintu
keluar yang ditandai dengan huruf K. Gambar 2.3 Mesin Pembentuk Adonan Pada
jalur-jalur mesin, terdapat alat pembentuk adonan yang dapat mengubah bentuk
adonan tertentu menjadi bentuk lainnya. Alat tersebut ditandai dengan sebuah
garis ( ). Pada setiap alat, terdapat petunjuk mengenai bentuk awal adonan yang
akan diubah (A) dan bentuk akhir adonan setelah melalui alat tersebut (B).
Proses itu dituliskan dengan A à
B, yang artinya “jika adonan berbentuk A melewati alat tersebut, adonan
tersebut akan diubah menjadi bentuk B”. Jika adonan yang melalui alat tersebut
tidak berbentuk A, adonan tidak akan mengalami perubahan bentuk. Contoh, jika
ada adonan berbentuk segitiga melalui alat , adonan tersebut akan diubah
menjadi bentuk lingkaran. Jika adonan yang melalui mesin tersebut berbentuk
persegi atau lingkaran, tidak akan perubahan bentuk adonan. Tantangan: Jika
Bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika keluar dari bagian
K, bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan dimasukkan ke
pintu nomor berapa? Pilih salah satu: A. Berikan input adonan berbentuk
lingkaran ( ) ke lubang input nomor 1. B. Berikan input adonan berbentuk
lingkaran ( ) ke lubang input nomor 2. C. Berikan input adonan berbentuk
segitiga ( ) ke lubang input nomor 2. D. Berikan input adonan berbentuk
segitiga ( ) ke lubang input nomor 3. Jawaban kalian adalah: ...........................................................................................................
Tuliskan dengan ringkas, cara kalian menyelesaikan masalah tersebut!.
Jika kalian lebih suka menggambar, kalian juga boleh menuliskan cara penyelesaian
dengan gambar. Kalian bisa membuka buku halaman 26 dan 27 Buku Informatika
kelas 8!
18. 18 Banyak hal dalam kehidupan sehari-hari dapat direpresentasikan dalam bentuk himpunan. Kita dapat mengambil kesimpulan dari pengolahan himpunan. Mari, kita lihat contoh sederhana berikut ini. Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambutan, mangga, duku, dan buah naga. Seseorang bertanya kepada kalian dua buah pertanyaan. Pertanyaan pertama, “Buah apa sajakah yang disukai adik atau kakak?” Pertanyaan kedua, “Buah apa sajakah yang disukai adik dan kakak?” Tentunya, jawaban kalian berbeda. Untuk menjawab dua buah pertanyaan tersebut, kalian dapat menuliskan himpunan buah kesukaan adik dan kakak. Buah kesukaan adik = {jeruk, mangga, jambu}. Buah kesukaan kakak = {rambutan, mangga, duku, buah naga}. Untuk menjawab pertanyaan pertama, kalian perlu mencari hasil gabungan dari kedua himpunan tersebut yang menghasilkan himpunan baru, yaitu {jeruk, mangga, jambu, rambutan, duku, buah naga}. Untuk menjawab pertanyaan kedua, kalian perlu mencari irisan dari kedua himpunan tersebut, yaitu {mangga}Cara Membuat Peta Konsep yang Menarik dan Kreatif dan Contohnya
Membuat Peta Konsep dengan Cara Manual, Membuat Peta Konsep dengan Cara Digital
19.19 Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kalian sering menemukan
Langkah-langkah untuk mencapai sesuatu, misalnya langkah-langkah untuk memasak
mie instan. Kumpulan langkah-langkah untuk menyelesaikan sebuah permasalahan
itulah yang disebut algoritma. Tolong tuliskan langkah-langkah dalam membuat
mie goreng!
vv
- Pertama, pilih mi instan yang akan dimasak.
- Kedua, buka bungkus mi instan tersebut.
- Ketiga, jangan lupa untuk memanaskan air, tunggulah air sampai dengan mendidih.
- Keempat, masukkan mi instan setelah air mendidih.
- Kelima, selagi menunggu mi instan matang, buka seluruh bumbu pada kemasan terpisah yang ada di dalam bungkus mie. Bumbu yang digunakan bisa dituang sesuai selera.
- Keenam, setelah mi matang kurang lebih sekitar tiga (3) menit, mi siap diangkat. Letakkan mie pada piring yang telah dituang bumbu. Aduk sampai dengan merata.
- Ketujuh, mi siap dihidangkan dan dinikmati.
20.20 Pelaporan dan dokumentasi adalah salah satu pekerjaan yang
sering kita lakukan. Laporan kegiatan, laporan keuangan, dan dokumentasi
artefak komputasional ialah contoh dari laporan. Salah satu aplikasi yang dapat
digunakan untuk pembuatan laporan ialah aplikasi pengolah kata. Aplikasi
pengolah kata memiliki fitur yang banyak sehingga dapat dipergunakan untuk
membuat laporan yang baik. Namun, dalam pembuatan laporan, kita sering
dihadapkan dengan kebutuhan menggabungkan beberapa bentuk konten seperti
laporan yang dilengkapi dengan analisis data, tampilan grafik dari data, maupun
gambar dan peta di dalam laporan kita. Dengan menggabungkan kemampuan beberapa
aplikasi, kalian dapat membuat hasil kerja kalian menjadi lebih baik dan
menarik. Proses pembuatan laporan atau presentasi juga menjadi lebih efektif
dan efisien. Buatlah slide presentasi singkat dari kunjungan museum ke Bogor
sewaktu kalian kelas 7!
Silahkan
dijawab semua pertanyaan tersebut di atas, di blog kalian masing-masing. Kalau
sudah selesai, kirimkan alamat link atau URL jawaban kalian ke email omjaylabs@gmail.com!
SELAMAT
BEKERJA!
Komentar
Posting Komentar